Tuesday 7 January 2014

Tips Membuat Keripik Salak

     

     Ada beberapa tips untuk mengolah buah salak menjadi keripik salak. Di blog ini akan dibahas mengenai beberapa tips yang dapat membantu anda apabila hendak membuat keripik salak dalam jumlah besar. Setiap 6 kg buah salak (salak utuh yang belum dikupas) akan menghasilkan 1 kg keripik salak. Biasanya harga 1 kg buah salak pondoh sekitar Rp 6000,00 (di daerah Yogyakarta). 
    
   Setelah buah salak dibeli sebaiknya segera dikupas kulit luarnya, karena biasanya buah salah yang ditumpuk dalam waktu yang lama dan tidak segera dikupas kulitnya maka buah salak tersebut akan membusuk dan tentunya ini akan merusak cita rasa keripik salak yang nantinya hendak dihasilkan. Lalu kulit ari yang menempel pada kulit salah segera dibersihkan, jangan menunggu waktu yang lama untuk membersihkan kulit arinya, setelah mengupas kulit luarnya maka kulit ari juga harus segera dibersihkan karena semakin lama kulit ari menempel pada buah salak mengakibatkan agak susah membersihkan kulit ari yang menempel. Semakin bersih buah salak dari kulit arinya, maka keripik salak yang dihasilkan akan lebih renyah. Segeralah setelah buah salak tersebut "dikuliti" maka buah salak tersebut dicuci  hingga bersih, jangan menunggu waktu lama untuk mencucinya.

      Setelah itu maka buah salak siap untuk digoreng dan diubah menjadi keripik salak. Dalam menggoreng sebaiknya menggunakan api yang sedang (jangan terlalu kecil ataupun terlalu besar), selain itu walaupun kita ingin mendapatkan hasil keripik salak yang renyah maka jangan menggorengnya hingga dua kali, karena akan menyebabkan keripik salak berwarna cokelat dan rasanya menjadi tidak enak.




No comments:

Post a Comment

About Me

LINESVI merupakan salah satu produsen keripik buah yang berproduksi di wilayah Yogyakarta. Varian keripik buah yang diluncurkan oleh LINESVI adalah buah salak dan buah nangka.

LINESVI

LINESVI

Popular Posts

Designed By Seo Blogger Templates